Senin, 10 Oktober 2016

Contoh Laporan BAB Bahasa Indonesia

FILSAFAT SOSIAL PADA ABAD KE-20
LAPORAN BAB
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu Maria, S.Pd., M.Hum
oleh
Ranti Nuarita (1154060066)


JURUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016










A.    Pendahuluan
Secara umum, penulis mengulas ihwal sentral dalam ilmu filsafat, yakni menyajikan tentang ulasan filsafat sosial yang sangat berpengaruhyang dijadikan titik tolak diskusi modern, paparan atas berbagai tahap dalam sejarah filsafat sosial dikemukakan dalam kaitannya dengan pembahasan tentang lingkungan sosial yang berubah
            Buku ini terdiri atas 9 bab. Adapun bagian bab yang direviu pada buku ini adalah bab 9 tentang Filsafat Sosial pada Abad ke-20.
Adapun identitas lengkap dari buku tersebut sebagai berikut.
            Judul Buku      : Filsafat Sosial : Dari Feodalisme Hingga Pasar Bebas
            Judul Bab        : Filsafat Sosial pada Abad ke-20
            Penulis             : Hans Fink
            Penerbit           : Pustaka Pelajar
            Kota Penerbit  : Yogyakarta
            Edisi                : Pertama
            Jumlah Halaman :vi +197
            Ukuran                        :
            ISBN               :979-3477-19-9

B.     Ringkasan Bab
Bab 9 dalam buku Filsafat Sosial: Dari Feodalisme Hingga Pasar Bebas ini memaparkan pembahasan berkaitan dengan pemikiran dan pendekatan mengenai filsafat sosial yang berkembang dari era revolusi Rusia hingga abad ke 20 yang membahasdimana filsafat sosial menaruh perhatian pada isu-isu benar dan salah yang dalam hal pendistribusian para fisuf berusaha memberikan pembenaran eksplisit untuk mengorganisasikankehidupan sosial dengan cara tertentu.Disekitar 2 kutub yakni sosialis dan kapitalis. Namun pada saat jaman perang Dunia 1 tepatnya di Rusia nasionalisme ternyata lebih kuat dari pada sosialisme internasional. Pada perang dunia 1 menurut standar Eropa Rusia adalah Negara paling terbelakang, karena terdapat industrialisasi yang bersifat absolut yang dibuat oleh investor asing.dalam periode tidak lama Rusia melakukan Revolusi yaitu dalam hal ini Revolusi sosialis di Eropa Barat. Salah satu langkah revolusi Rusia adalah nasionalisasi lahan dimana, lahan-lahan yang luas dibagi dan hak untuk menggunakannya diberikan kepada petani dan buruh. System ini mengakibatkan regenerasi pertanian menjadi pesat . memang dalam perang dunia 1. menghasilkan perluasan dan partisipasi demokrasi yang penting, namun dibeberapa Negara dalam kajian demokratis kaum perempuan diberikan hak batasan untuk mendapatkan hak suara dan hak politik yang sama dengan laki-laki.dan sampai perang dunia 2 perempuan tidak mendapatkan hak suara dan mendapatkannya setelah di Rusia benar-benar menegakan revolusi.berbeda dengan system politik, system ekonomi pun mengalami krisis yang disebakan rendahnya laba kelebihan produksi dan meningkatnya pengangguran. Hal ini tentunya menambah kesulitan bagi berbagai industry yang saling bersaing diberbagai Negara kapitalis.isyarat pertama akan terjadinya krisis ekonomi itu berjalan seiring dengan gerakan rakyat diseluruh duniadalam masa ini kaum perempuan kembali bergabung melawan penindasan seksual atau diskriminasi hak-hak politik secara formal. Dimasyarakat-masyarakat kapitalis berbagai strategi kapitalis yang mungkin dijalankan itu bias ditandingi dengan berbagai tanggapan sosialis. Semua isu antara kapitalis dan sosialis mengandung dimensi filosofis bagi para filsuf-filsuf sosial.para filsuf telah berusaha memberikan pembenaran eksplisit untuk mengoranisasikan kehidupan sosial dengan cara tertentu.karena menurut para filsuf kajian filsafat sosial bukan hanya penting untuk mencermati berbagai hal melalui perspektif yang lebih luas untuk menetapkan pikiran dengan cara yang terpelajar.
C.    Pembahasan
Secara umum, materi yang dibahas pada buku ini cukup sulit dipahami. Hal tersebut karena materi yang disampaikan banyak yang mengandung bahasa filsafat, dimana bagi orang awam yang belum mengerti dengan filsafat akan sulit untuk memahaminya, meski begitu dalam buku Filsafat Sosial : Feodalisme hingga pasar bebas ini banyak juga pengetauan yang bias didapatkarena yang dibahas tidak hanya filsaft melainkan bagaimana filsafat tersebut muncul dan bagaimana perubahan-perubahan mulai terjadi dadi awal feodalisme hingga abad 20 sekarang ini diseluruh dunia. Berbeda dengan buku Filsafat Sosial : perkembangan di Indonesia karya Drs. Surajiyo, buku ini lebih mudah dimengerti dikarenakan bahasa yang digunakan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu banyak mengandung bahasa baku, namun sayangnya buku yersebut hanya berpaku tentang filsafat yang berkembang di Indonesia saja

D.    Simpulan
Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut
1.      Filsafat sosial pada abad 20 menitik beratkan dari masa revolusi rusia hingga abad 20 dimana pada masa tersebut para filsuf mempelajari dan mencari solusi tentang isu-isu yang berkembang di era kapitalisme dan sosialisme, disalamnya juga ada mengenai uraian situasi dari tahun 1917 hingga 1967.Selain itu ada uraianteori-teori demokrasi liberal pada periode 1977 sampai teoriteori sosial abad 20.
2.      Dari hal yang telah dipaparkan dari buku Filsafat Sosial: Dari Feodalisme hingga Pasar Bebas penulis memberi saran kepada pembaca untuk membaca buku tersebut karena meski ada beberapa kata yang baku dan sulit dimengerti namun dalam buku ersebut banyak hal-hal yang dibahas tidak hanya membahas filsafat melainkanada pengethuan lain seperti Feodalisme, Liberalisme, Absolutisme , Sosialisme dan lainnya.
E.     Daftar Referensi
Fink, H. (2010). Filsafat Sosial: Dari Feodalisme hingga Pasar Bebas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Drs.Surajiyo (2010). Filsafat Sosial :Perkembangannya di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar