Sabtu, 18 Februari 2017

PENGARUH BUDAYA KOREA TERHADAP REMAJA INDONESIA


Korea merupakan salah satu negara maju yang ada didunia.dalam hal ni khususnya Korea Selatan. Negara tersebut memiliki banyak budaya, dimana budaya-budaya tersebut kini mewabah ke penjuru dunia, Demam Korea yang biasa disebut Hallyu atau Korean Wave saat ini sedang sangat digandrugi masyarakat-masyarakat dunia.
Fenomena ini sebenarnya sudah ada sejak 6 tahun belakangan, tepatnya pada saat munculnya drama Korea yang berjudul Boys Before Flowers (2009) yang menuai kesuksesan pada saat itu, setelah dipasarkan pada beberapa negara, tidak hanya dalam hal drama Korea Selatan juga menuai kesuksesan di industri  musik seperti Boyband dan Girlband yang mewabah ke penjuru dunia salah satunya Indonesia. Korea, sekaligus budaya di dalamnya, memiliki daya tarik yang luar biasa yang mengakibatkan jumlah pecinta dan pemerhatinya bertambah dari waktu ke waktu. Orang tertarik pada Korea karena Korea itu unik dalam berbagai sisinya termasuk kebudayaan, kuliner, hingga pariwisatanya. Kini demam korea terjadi hampir di seluruh Negara di dunia salah satunya adalah negeri kita Indonesia.

         Indonesia yang merupakan Negara yang padat penduduknya kini sedang dilanda demam korea. Awalnya, sehabis drama Full House ditayangkan, banyak drama lain yang ditayangkan di stasiun tv Indonesia. Puncaknya adalah ketika ada sebuah drama korea baru yaitu BBF, Indonesia langsung dilanda demam Korea.

                 Yang luar biasa tidak hanya dramanya saja, Boyband dan Girlbandnya juga di sukai anak muda di Indonesia. Bukan hanya anak muda yang menyukainya bahkan anak kecil dan dewasa juga suka karena wajah K-Pop alias boyband asal Korea disukai mulai dari personilnya yang keren, ganteng, cantik dengan wajah oriental mereka kemudian lagu, aksi dance, gaya rambut, sampai style fashion mereka yang unik dianggap sebagai trendsetter masa kini.

Faktor yang mempengaruhi penyebaran budaya korea di Indonesia seperti gaya berpakaian nyentrik dan menarik, drama yang ditawarkan memiliki alur yang menarik dan tidak membosankan, bahkan musik K-pop yang menampilkan lagu yang menarik, lirik yang tidak begitu sulit diikuti dan tentunya selain hal tadi juga yang tidak boleh terlewatkan adalah paras tampan dan cantik para artis yang menyebabkan K-Pop dan K-drama yang banyak digandrungi berbagai kalangan salah satunya remaja di Indonesia.
Kita perlu mengetahui apa saja pengaruh yang ditimbulkan dari budaya Korea tersebut pada remaja Indonesia. Dalam hal ini pengaruh juga memiliki 2 aspek yang pertama ada pengaruh positif yang kedua ada pengaruh negatif.. Pengaruh positif seperti gaya berpakaian para Kpopers atau sebutan fans korea menjadi lebih bervariasi, para remaja yang menyukai Korean Wave untuk mencoba memakan makanan Korea yang pada umumnya merupakan makanan yang sehat, mengikuti budaya korea membuat para remaja Indonesia terdorong untuk belajar bahasa dan tulisan Korea (Hangul) sehingga menambah wawasan dalam belajar dan berbahasa dan juga belajar dalam memahami suatu karya musik yang baik dan juga tayangan drama yang berkualitas.Namun meski memili segi positif hal ini juga emiliki segi segi negatif akibat mewabahnya budaya korea membuat remaja Indonesia menjadi acuh tak acuh dengan budaya sendiri, hilangnya semangat nasionalisme remaja, dan lebih menyukai budaya yahg dimiliki egara korea tersebut. Terlalu fanatik terhadap artis korea membuat mereka mengikuti gaya hidup yang selalu ingin sama dengan orang Korea, Fashion, bahasa Kuliner bahkan sampai-sampai ketika para fanatisme ini ingin  terlihat cantik, mereka lalu melakukan operasi plastik dimana hal itu tidak sesuai dengan adat istiadat Indonesia. Menurut pendapat saya pada hakekatnya kita sebagai rakyat Indonesia harus selektif terhadap budaya luar yang berkembang di Indonesia  jangan sampai karena budaya luar kita jadi melupakan budaya sendiri, tetapi alangkah lebih baiknya kita menjaga sikap nasionalisme dan membuat budaya Indonesia yang kaya ini dapat dikenal dipenjuru dunia  dan yang terpenting kita harus bangga terhadap budaya Indonesia, karena di Negara yang kaya akan Budaya inilah kita dilahirkan.


1 komentar: