Komunikasi Organisasi menurut robbins diartikan
sebagai suatu unit Satuan sosial yang dikoordinasikan dengan sadar yang terdiri
dari dua orang atau lebih yang berfungsi atas dasar yang relatif dan terus
menerus (mengorganisasikan perilaku)
Sementara menurut Pace and Faules merupakan perilaku
pengorganisasian yang terjadi yang terjadi dan bagaimana mereka yang terlibat
dalam proses itu berinteraksi dan memberi makna atas apa yang terjadi dan
memberi makna atas apa yang terjadi.
Adapun tahapan-tahapan Attention, comprehension,
acceptance as true, retention.
Adapun beberapa fungsi dari komunikasi
1. Informasi
2. Regulatif
3. Persuasif
4. Integratif
Selain itu ada pula pendapat lain yang menjelaskan
adanya fungsi kendali, motivasi, dan pengungkapan emosional.
Dalam Komunikasi Organisasi juga terdapat peran
manajerial
a.
Peranan
antarpribadi
1. Peranan
Tokoh, maksud peranan manajer sebagai tokoh adalah dimana seorang menajer harus
bisa menyesuaikan keadaan dengan sikapnya, maksudnya manajer tidak boleh
bersikap terlalu formal atau kaku dalam organisasi karena sikap formal atau
kaku ini juga akan berakibat pada komunikasi menjadi kaku.
2. Peranan
pemimpin, seorang manajer harus bisa bertanggung jawab dan bersikap seperti
pemimpin juga harus bisa membaur dengan bawahan.
3. Peranan
Penghubung dengan jaringan atasan kebawahan, manajer ke manajer, manajer ke
karyawan.
b.
Peranan
informasional
1. Monitoring
atau pengawasan
2. Menyebarkan
informasi (tidak plin-plan dalam penyebaran informasi)
3. Juru
Bicara
c.
Peranan
Keputusan
1. Jiwa
Wirausaha
2. Peran
pemecah masalah
3. Peran
keputusan
4. Pengalokasian
sumber daya dengan memanfaatkan 5M (Man, Money,Machine, Methode,Market )
5. Negosiator
(melakukan lobi dan negosiasi yang dilakukan oleh manajer dengan eksternal organisasi)
Arti penting komunikasi organisasi
dalam bisnis
1. Pesatnya
kemajuan sains dan teknologi merangsang terciptanya prose ekonomi produksi.
2. Teknologi
telh mempercepat pembangunan sarana dan rasarana transportasi sehingga
mobilitas sosial semakin cepat dan tinggi
3. Kemajuan
bidang transformasi informasi yang berlangsung sangat pesat. Sehingga tidak
terhambat oleh letak geografis
4. Cara
agar komunikasi organisasi maju
1. Melakukan
kegiatan hubungan antar manusia / human relations
2. Melakukan
kegiatan hubungan masyarakat / public relations
3. Advertising
/ iklan
4. Media
elektronik
5. Media
internet
6. Mengembangkan
sistem informasi mengenai perusahaan
7. Mengembangkan
keahlian organisasi dalam bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar